Ngopi Santai Sambil Mendengarkan Suara Decit Kereta di Loko Coffee Shop Semarang

Hmm kamu suka bingung gak,sih, kalau lagi nungguin kereta enaknya di mana? Gak mungkin, dong, cuman di bangku stasiun sambil ngeliatin orang-orang berlalu-lalang bawa-bawa barang. Sudah pasti itu hal yang sangat membosankan dan membuat jarum jam terasa berjalan lama dari angka ke angka. Atau, gak mungkin juga nungguin kereta sambil ngerayu pegawai perempuan yang di penukaran tiket dengan kalimat "bapak kamu masinis, ya?" Terus tiba-tiba dijawab sama mbaknya, "Kok tahu?" "Karena senyumanmu sangat manis, ciaciacia" sahutmu dengan bersemangat. Sangat tidak mungkin,sih.

Di dekat stasiun Tawang, kota Semarang, saat ini sudah ada,lho, tempat yang enak buat kamu yang lagi nunggu kereta. Tempatnya juga terbilang sangat dekat dengan stasiunnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau ada drama mengejar kereta kayak di film-film. Nah, tempat itu bernama Loko Coffee Shop Semarang.

Arsitektur yang Unik dan Tempat yang Ciamik

Tempatnya pas banget di depan pintu masuk stasiun Tawang. Kalau kamu nunggu kereta yang datangnya sekitar 1 jam atau 2 jam lagi, bisa banget nunggu sambil ngopi di Loko Coffee. Kafe yang didirikan oleh PT Reska Multi Usaha (anak perusahaan PT KAI) memiliki arsitektur yang unik, layaknya gerbong kereta, lho! Dari luarnya saja keliatannya sangat cozy dan cocok buat digunakan sebagai tempat menunggu kereta.

Dilihat dari sebrang jalan (depan pintu masuk stasiun Tawang)

Dilihat dari depan

Begitu masuk, aku langsung diperlihatkan dengan area smoking. Nah, area ini cocok digunakan bagi kamu yang ingin nyebat dan ngopi santai sembari mendengarkan suara kereta dari stasiun.

Area luar

Masuk ke dalam lagi, baru aku mulai melihat kasir beserta jejeran meja dan kursi untuk pelanggan. Kalau dibilang, sih, lantai satunya tidak terlalu luas, ya. Meski begitu, bagi kamu yang ingin berada di ruangan AC dan tidak mau naik tangga terlebih dahulu, area lantai satu cocok nih digunakan buat menunggu kereta atau hanya sekadar nongkrong-nongkrong dengan teman, keluarga, pasangan, dan lain-lain.

Penampakan kasirnya

Nah, ini dia tempat di lantai satu
Ini masih area lantai satu

Nah, ternyata pintu masuknya ada dua. Barusan, aku masuknya dari pintu samping yang terletak di sebrang persis pintu masuk Tawang.

Pas dilihat-lihat, pintu depannya tuh ternyata yang di depan kasir persis! Wkwkwk baru tahu banget pas muter-muterin area lantai satunya.

Dari pintu depan, ada meja-meja dan juga panggung kecil buat live acoustic-nya! Mungkin, kalau lagi gak pandemi bakal ada tuh yang tampil acoustic di situ sembari menghibur orang-orang yang berada di Loko Coffee Shop Semarang. Kira-kira beginilah penampakan dari pintu depan.

Tempat live acoustic-an

Meja-meja yang ada di outdoor, lantai satu

Sebenarnya aku lumayan penasaran,sih, sama lantai duanya. Soalnya, pas dilihat dari bawah kan kayak ada tempat buat outdoor di lantai dua. Ternyata, di area situ biasanya digunakan buat orang-orang foto-foto! Yaudah, akhirnya sebelum memesan sesuatu, aku mau melihat di area lantai dua terlebih dahulu.

Di lantai duanya ornamen ruangannya lebih bagus, cuy! Area AC-nya ditata sangat rapi banget. Terus kalau dilihat-lihat,sih, lebih luas di lantai dua ketimbang di lantai satunya. Dan yang paling penting adalah kamar mandinya ada di lantai dua. Ini sih tempat yang cocok buat kamu yang sering beser kalau lagi di ruangan AC, kayak aku hehehe.

Luas banget, kan lantai duanya


Kalau menurutku,sih, di lantai dua ini cocok banget buat kamu yang ingin nugas atau mungkin mengerjakan sesuatu sembari menunggu kereta. Selain Wi-Finya yang kenceng, AC-nya juga nyaman banget. Tapi, sebenarnya di lantai satu juga Wi-Finya gak kalah kenceng. Cuman, bedanya di lantai dua deket aja sama kamar mandi hehehe.

Nah, di lantai dua ini aku makin penasaran dong sama tempat yang dijadiin foto-foto sama banyak orang. Akhirnya, aku memutuskan untuk ke area outdoor-nya. Wiih, di sini enak banget buat menikmati udara segar (terutama bagi orang-orang yang gak kuat AC) sembari menatap pemandangan. Sayangnya,sih, pas aku ke sana polder Tawang lagi direnovasi jadi gak bisa lihat secara langsung. Coba polder Tawangnya sudah selesai diperbaiki, mungkin aku bisa melihatnya langsung dari atas sini.

Area outdoor, lantai 2


Menu Loko Coffe Shop Semarang

Setelah lihat-lihat arsitekturnya yang unik dan tempatnya yang ciamik, pasti kamu penasaran,dong sama menu-menunya? Kira-kira menu Loko Coffee Shop Semarang mahal-mahal gak,sih? Atau harganya sama aja kayak kafe-kafe pada umumnya?

Aku pas lihat menunya,sih sangat bervarian banget. Bahkan, di Loko Coffee Shop Semarang menyediakan menu makanan berat! Wah, ini pas banget kalau biasanya lagi laper nungguin kereta terus bingung mau makan apa.

Nah, menu-menu makanan beratnya sendiri ada nasi goreng dengan aneka varian, indomie, ayam penyet, dan lain-lain.

Minumannya,sih juga banyak banget pilihannya. Ada kopi, jahe, coklat, teh, dan masih banyak lagi.

Harganya juga terbilang sangat terjangkau. Bagi yang penasaran sama harganya, ini dia!

Menu minuman

Menu makanan

Jadi, gimana? Sangat menarik, bukan, buat nunggu kereta di Loko Coffee Shop Semarang? Aku aja yang gak lagi nunggu kereta tertarik buat ngopi-ngopi di sana sambil mendengarkan suara kereta buat melepaskan rasa rindu naik kereta karena udah lama gak naik kereta :(.

Oh ya, di Loko Coffee juga biasanya diputerin musik-musik yang syahdu. Jadi, selain mendengarkan suara kereta dari stasiun, musik dari kafe ini juga turut memanjakan telinga kamu.

Sekian blog-ku kali ini. Nantinya, aku akan coba review-review lagi kafe di Semarang (kalau lagi mood) hehehe.

Salam Adibio

Post a comment

0 Comments