Institut Pertambangan Nemangkawi, Salah Satu Kontribusi Freeport Untuk Papua

Tanah Papua yang indah dan agung, katanya tanah surga berada di sana
Beribu keindahan alam yang mempesona membuat tanah Timur menjadi surga Indonesia
Ingin sesekali aku menjajaki kaki di sana, melihat ibu pertiwi sedang berbahagia

Sepenggal puisi di atas sengaja saya buat untuk memulai tulisan kali ini. Papua menjadi pulau yang teramat sangat indah untuk hanya sekadar dijamah. Di dalamnya terdapat ribuan keunikan yang hendak diterjemahkan ke dalam makna kehidupan. Indonesia Timur menyapa dengan nada yang keras, sehingga membuat Indonesia Barat dan Tengah ingin menengok ke sana. 

Keindahan Papua tidak terlepas dari sumber alam yang berada di sana. Pegunungan tertinggi Cartenz yang menjulang ke atas langit bersama salju abadi di atasnya, serta indahnya hamparan laut di sekitaran Raja Ampat membuat Papua menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Akan tetapi di sisi lain, selain destinasi wisatanya yang sangat memukau, di dalam Papua juga terdapat perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang bernama PT Freeport Indonesia. 

Sudah hampir 50 tahun PT Freeport berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Papua. Keberadaannya memang memberikan dampak yang besar terhadap keberlangsungan hidup masyarakat Papua, khususnya yang berada di daerah Timika. Kontribusi demi kontribusi yang diberikan oleh Freeport sedikit banyaknya memberikan kemakmuran terhadap masyarakat Papua, mulai dari segi ekonomi, pendidikan hingga infrastruktur. 

Dari tiga unsur kontribusi yang diberikan oleh Freeport untuk Papua, rasanya pendidikan menjadi aspek yang sangat menarik untuk ditelaah, mengingat pendidikan merupakan salah satu unsur yang membuat sebuah bangsa menjadi maju. Tanpa pendidikan, kita tidak  akan bisa hidup di atas tanah air yang penuh dengan kekayaan alam ini, karena kita tidak bisa mengaturnya dengan sangat baik. Pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk dikembangkan sedari awal. Dan hal tersebut telah dilakukan dengan adanya Freeport di Papua.

Siapa yang belum mengetahui kalau Freeport mendirikan sebuah instansi pendidikan yang bernama Institut Pertambangan Nemangkawi? Ya, Institut Pertambangan Nemangkawi atau bisa disingkat menjadi IPN ini merupakan salah satu sumbangsih yang sangat penting dari Freeport untuk masyarakat Papua.

Bisa dibilang adanya IPN ini merupakan pendidikan yang sangat aplikatif karena langsung bersentuhan dengan kebutuhan di lokasi. Banyak sekali program-program yang disajikan oleh IPN, salah satunya adalah program pendidikan orang dewasa. Dalam program tersebut, kelompok suku asli di Timika, masyarakat Amungne dan Kamoro yang masih buta akan huruf dapat meningkatkan kemelekannya terhadap huruf dan berhitung. Program ini dilakukan dengan orang lain untuk mengembangkan kompetensi pekerjaan teknis. Selain program pendidikan orang dewasa, di IPN juga ada program-program lainnya seperti program pra-magang, program magang, program master administrasi niaga (MBA), program administrasi niaga (D3), pelatihan dan pengembangan karyawan PT Freeport Indonesia dan Papuan Bridge Program. Semua program tersebut sangat menunjang kebutuhan masyarakat akan pendidikan.

IPN hadir menjadi sebuah cahaya terang yang menyinari masyarakat di sekitarnya. Banyak yang berasumsi bahwa Indonesia bagian Timur selalu kurang akan pendidikannya. Asumsi tersebut tampaknya akan hilang dengan dibangunnnya IPN untuk masyarakat Papua. Sumbangsih bagi negeri dari Freeport Indonesia membuat segalanya terlihat nyata di masa depan. 

Seperti yang kita ketahui, pendidikan menjadi sebuah pondasi yang harus dikuatkan jika ingin membangun sebuah bangunan. Tanpa adanya pondasi yang kuat, bangunan tersebut tentu akan runtuh dalam waktu yang tidak lama. Seperti halnya membangun sebuah bangunan, membangun bangsa yang maju tentu harus mempunyai pondasi (pendidikan)  yang bagus agar ke depannya masyarakat Indonesia tidak buta dan ketinggalan zaman. Kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua lewat IPN ini menjadi salah satu bukti yang  nyata dari sumbangsih dalam dunia pendidikan.

PT Freeport Indonesia menjadi salah satu contoh tindakan nyata dalam memajukan bangsa Indonesia dimulai dari orang di sekitarnya. Dimulai dari sini, saya harap akan ada lagi orang-orang yang lebih memperhatikan pendidikan di negeri kita ini. 

Teruslah berjaya Papua, teruslah maju Indonesia. Lewat pendidikan, kita semua yakin bahwa bangsa ini tidak akan kehilangan sumber daya manusia yang jujur dan cerdas.

gambar dari papua.antaranews.com

Post a comment

1 Comments

  1. Tanah Papua perlu disetarakan dg daerah lain supaya bisa maju dan bersaing.

    ReplyDelete