Suasana Asri Tercipta di Wana Wisata Gonoharjo, Nglimut, Kabupaten Kendal.

Jika otak dan badan kalian sedang tidak sinkron, lebih baik tenangkan saja dahulu. Agak tidak baik apabila otak ingin bekerja  namun badan berkata apa, mungkin kerjaannya akan tidak maksimal dengan apa yang diinginkan. Sebaliknya, badan ingin bekerja namun otak sedang ingin dimanja, tentu membuat konsep yang sudah dibuat menjadi buyar seketika, karena otak tak ingin bekerja. Maka, untuk menyinkronkan kembali kedua unsur tersebut, aku mempunyai satu saran bagi kamu, yaitu dengan melakukan perjalanan menuju ke sebuah tempat yang menurutku sangat ramah, teduh, dan asri. Tempat itu terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tepat di daerah Nglimut yang dekat sekali dengan Boja. Jika kalian orang Kendal dan sekitarnya, pasti tidak akan asing dengan daerah tersebut. Namun, jika kamu orang luar Jawa Tengah, maka kamu bisa menuju ke kota Semarang dahulu, nanti setelah sampai di kota Semarang kalian bisa mencari daerah yang bernama Gunung Pati, dari situ tidak jauh lagi kamu akan menemukan daerah bernama Nglimut, dan itu sudah termasuk dalam kawasan kabupaten Kendal. Mari kita jelajahi lebih dalam tempat wisata yang akan aku bicarakan.

Wana wisata Gonoharjo yang terletak di Nglimut ini memiliki air terjun, pemandian air panas, dan tentunya pemandangan alam  yang memanjakan mata. Karena kebetulan wisata ini terletak di kaki gunung Ungaran jadi wajar saja jika kamu menuju ke tempat ini akan disajikan dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Hamparan pepohonan hijau, udara yang sejuk, dan bermacam suara alam yang menyegarkan otak dari penatnya kehidupan kota. Kamu tidak perlu khawatir akan transport untuk menuju ke tempat tersebut, karena dengan hanya membawa kendaraan roda dua kamu bisa menuju ke wisata tersebut, akses yang diberikan juga masih terbilang  wajar dan tidak terlalu parah. Untuk transportasi umum aku kurang memahaminya. Setelah kamu melalui berbagai pemandangan yang sejuk, tibalah kamu di tempat wisata tersebut. Di daerah sebelum membayar tiket masuk, terdapat banyak sekali warung yang menjual berbagai makanan dan minuman, kamu tidak perlu khawatir karena kekurangan konsumsi. Untuk masuk ke pemandian air panas dan juga air terjunnya, kamu harus melalui tracking terlebih dahulu. Jalur tracking nya sendiri terbilang tidak terlalu susah untuk dilalui.


Plang Wana Wisata Gonoharjo

Track menuju ke air terjun dan pemandian air panas

Setelah tracking, sekitar 15 menit kamu akan menemukan mini air terjun yang lumayan membuat mata kamu terpana dan hati kamu menjadi lebih segar. Terlebih jika kamu hanya sekadar ingin menenangkan otak. Tempat ini benar-benar cocok sekali untuk menenangkan jiwa. Jika kamu merasa lelah setelah tracking, ada baiknya berhenti sejenak di mini air terjun tersebut dan menikmatinya.

Mini air terjun

Jika sudah puas menikmati suasana sekitar, mari  lanjut pada jalur selanjutya. Dari mini air terjun dibutuhkan kurang lebih 20 menit atau kurang untuk sampai pada pemandian air panasnya. Dengan tracking yang naik namun tidak terlalu menguras tenaga. Dan hati-hati terhadap pijakan kaki kamu, sebab terkadang licin, apalagi jika sebelumnya hujan. Pelan tapi pasti, kamu akan melalui jalur tersebut dengan cepat, ditambah dengan pemandangan sekitar yang tentu akan menghapus rasa capek dan menggantikannya dengan rasa tenang.

Track menuju pemandian air panas

Dan, selang beberapa menit setelah tracking yang lumayan jauh, kamu akan disuguhkan dengan beberapa kolam air panas yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang! Ditambah pemandian air biasa disampingnya, namun dengan ciri khasnya, yaitu pemandangan alam. Bisa dibayangkan betapa tenangnya berenang sembari menikmati pemandangan alam.

Pemandian air biasa dengan pemandangan yang luar biasa


Pemandian air panas


pemandian air panas dibawah terik matahari

Tentu sangat nyaman bukan? berendam di air panas dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Selain badan yang segar, jiwa, hati, dan pikiran pun ikut segar jika kamu mengunjungi tempat ini. Oh iya, ada sesuatu di dekat pemandian air panas ini, yaitu sebuah selang yang mengucurkan air panas dengan suhu yang lumayan, di sebelahnya pun ada tulisan yang berisi tentang keterangan air panas tersebut.

tulisan keterangan tentang air panasnya, bukan untuk yang di kolamnya ya

Kucuran air panasnya. Sepertinya lumayan panas

Sebetulnya, masih ada beberapa kolam air panas lagi  yang tak sempat aku foto. Dan di sekitar pemandian tersebut ada warung yang menyajikan gorengan, kopi, mie instan dan berbagai jajanan lainnya untuk mengisi perut kamu yang sedang kosong. Juga, aku tak sempat mengunjungi air terjunnya, jika kamu sudah pernah, tolong kirimkan fotonya lewat emailku he he. Dan disini  juga ada kamar mandi untuk melakukan bilas setelah selesai berendam. Juga ada musholla di sekitar tempat tersebut.

Wana wisata Gonoharjo ini tentu menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dan ingat, ketika mengunjungi tempat ini selalu jaga kebersihan di tempat. Karena sampah akan menjadikan tempat ini tidak seindah sebagaimana mestinya. Salam lestari! Jaga bumi ini!.

Harga Tiket Masuk :
HTM : Rp. 10.000
Parkir : Rp. 3.000

Fasilitas :
Musholla
Toilet
Warung

Post a comment

0 Comments