Sejuknya Udara dan Pemandangan di Curug Jeglong, Tempat Beribu Ketenangan yang Tersembunyi di Kendal.

Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba mendeskripsikan tentang wisata alam yang sangat potensial untuk dikunjungi dan juga untuk dikembangkan menjadi salah satu opsi tempat berlibur untuk anda yang sedang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Terlebih bagi kalian yang suka berfoto ria atau hanya sekadar ingin menikmati keindahan alam Indonesia tercinta. Tempat tersebut terletak di salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah, yaitu kabupaten Kendal. Barangkali ada yang sedang berkunjung atau menetap di Kendal, maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengunjungi salah satu tempat yang akan saya deskripsikan melalui tulisan ini, yaitu sebuah tempat wisata alam yang memang belum terlalu dikenal oleh khalayak masyarakat Indonesia, namun sangat cocok untuk dikunnjungi sebagai tempat wisata. Tempat tersebut bernama Curug Jeglong. Wisata alam ini terletak di kabupaten Kendal, kecamatan Plantungan, dan berada di desa Bendosari, dusun Jeplak. Uniknya, walau Curug Jeglong berada di desa Bendosari, namun letak Curug Jeglong sendiri lebih dekat dengan desa tetangga, yaitu desa Jati. Sehingga jika anda dari arah kecamatan Plantungan, maka anda akan melewati desa Jati terlebih dahulu, lalu beberapa meter kemudian anda akan menemukan Curug Jeglong. Selain itu, Curug Jeglong juga terletak pada perbatasan Kendal dan Batang yang hanya dibatasi oleh sungai dan jembatan yang melintang.

Akses masuk menuju loket pembayaran terbilang mudah, anda dapat menggunakan kendaraan roda dua dan bisa masuk langsung ke tempat parkir curug tersebut. Sebelum memasuki tempat parkir anda harus membayar biaya masuk curug, lalu setelah itu anda akan diarahkan menuju tempat parkir yang terbilang luas. Dari tempat parkir, anda dapat menemukan toilet, mushola serta warung yang menyediakan berbagai jajanan. Jadi jangan khawatir jika kalian lupa membawa bekal dari rumah. Setelah itu, dari tempat parkir anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat sejuk, yaitu pohon pinus yang berjejer. Dari situ, anda dapat bersantai ria menikmati indahnya alam, karena disitu ada banyak kursi yang siap anda duduki. Selain itu, jika anda mempunyai hammock anda dapat memasangnya disitu, atau terkadang pengurus curug memasangkan hammock juga untuk para pengunjung bersantai ria. Lalu, selain itu anda masih dipuaskan oleh tempat berfoto ataupun swafoto yang dapat memanjakan galeri foto anda. Tentu ini menjadi surga bagi para fotografer. Ada spot foto ornamen berbentuk lambang cinta, ada jembatan yang menyajikan beribu pemandangan, juga ada spot foto kayu yang berbentuk lambang cinta menempel di pohon yang siap dijadikan spot foto.

Spot Foto Curug Jeglong.

Jembatan untuk Foto

Dari atas, anda telah disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan alam yang luar biasa tentunya. Tapi, belum sampai disitu saja keindahan yang ada di Curug Jeglong. Jika anda ingin menikmati sejuknya air terjun, maka anda harus melakukan tracking ke bawah dengan track yang terbilang lumayan enak dan tidak terlalu berat. Terlebih, sepanjang jalur tersebut anda selalu disuguhkan oleh hijaunya hutan yang ada di sekeliling area tersebut. Sangat nyaman tentunya perjalanan anda!. Kurang lebih sekitar 15 menit anda akan sampai pada Curug Jonggrang, yaitu curug pertama yang akan anda temui jika anda melakukan tracking ke bawah. Curug tersebut terbilang kecil dan kedalamannya sekitar 7 meter.

Curug Jonggrang.

Setelah puas dengan Curug Jonggrang tersebut, anda masih bisa dapat menyaksikan curug yang berada di bawah serta sungai yang menjadi perbatasan Kendal dan Batang. Dari Curug Jonggrang, anda melakukan tracking lagi ke bawah, melewati jembatan dan setelah itu anda akan melihat curug dengan tinggi yang lumayan membuat anda tercengang!. Dihiasi tebing-tebing yang sangat tinggi sehingga sangat berbahaya jika berdiri di atas situ. Namun keindahannya tentu tak boleh dilewatkan begitu saja.

Gambar dari eksapedia.com.
Mata anda tentu sudah sangat puas dengan semua pemandangan yang telah disajikan. Namun, anda belum lengkap rasanya jika mengunjungi wisata alam Jeglong namun belum sampai di bawahnya, yaitu tempat sungai yang mengalir dan juga sebagai pembatas antara Kendal dan Batang. Hanya  dengan sedikit melakukan tracking dari curug tersebut, maka anda akan melihat dan merasakan bagaimana sejuk dan derasnya aliran sungai tersebut. Di situ, ada jembatan yang  melintang yang dapat dijadikan jalan untuk menuju ke daerah sebrang, atau bisa disebut daerah Batang. Di sungai itu sendiri biasa dilakukan kegiatan alam seperti tubbing.

Gambar dari eksapedia.com

Pemandangan-pemandangan di sekitar Curug Jeglong memang sangat mengagumkan tentunya. Wisata alam ini menjadi tempat rekomendasi yang tepat bagi seluruh wisatawan untuk menikmati hari libur. Tempat wisata ini juga masih dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik tentunya. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita membantu proses tersebut dengan mendatanginya dan menjaga kelestarian alamnya.

Pemandangan dari bawah

Pemandangan sungai dan jembatan yang menjadi pembatas Kendal dan Batang

Pemandangan curug beserta hutan di sekitarnya.

Oke, mungkin cukup sekian untuk tulisan kali ini. Salam lestari! Adibio pamit undur diri.

Harga Masuk Curug Jeglong.
Tiket Masuk : Rp. 5.000
Parkir Motor : Rp. 2.000

Post a Comment

0 Comments