Perjalanan Menuju Pantai Wohkudu, Pantai Dengan Pemandangan Gunung dan Laut

Sesampainya di Jogja, aku memutuskan untuk mencari tempat yang benar-benar menjadi peristirahatan otak,. Suatu tempat yang selalu memberikan kedamaian, ketentraman, dan kenyamanan agar diriku dapat bernyanyi ria bersama alam di sekitar situ. Manusia memang selalu membutuhkan tempat dimana ia dapat membicarakan kata hati nya bersama alam yang diterbangkan oleh angin. Pada saat itu aku memutuskan untuk pergi ke sebuah pantai, tepatnya pantai Wohkudu. Pantai Wohkudu yang terletak di daerah Dusun Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, membuat aku yang baru saja menapaki kaki di Yogyakarta, sulit untuk menemukan daerah tersebut. Namun berkat seseorang, akhirnya google maps lah yang menjadi panduan untuk menuju ke pantai wohkudu.  Bagi kalian juga yang sekiranya ingin ke pantai wohkudu namun bingung arahnya, sudah membaca di google tentang bagaimana cara menuju ke pantai tersebut namun masih kesusahan, tenang, google maps menunjukkan dimana keberadaan pantai wohkudu tersebut. Akhirnya aku pun mengunjungi tempat tersebut bermodalkan aplikasi google maps, waktu itu aku berangkat dari Kaliurang. Dan tentu saja, karena akses ke pantai tersebut belum ada angkutan umum, maka aku menggunakan motor untuk menuju kesana. Perjalanan yang ditempuh cukup lama, sekitar 2 jam dari daerah Kaliurang. Di sepanjang perjalanan kalian bakal di suguhi pemandangan-pemandangan yang sangat indah, karena pada waktu itu kebetulan aku melewati jalur yang berada di daerah Imogiri. Jadi seolah-olah ketika lewat jalur tersebut, aku sedang berada di sebuah bukit yang dimana pemandangan di samping kanan merupakan hamparan hijau dan tentunya biru nya langit yang begitu mempesona.

Sempurna! ucapku dalam hati.

Jalannya pun terhitung sudah sangat baik, jadi buat kalian yang ingin mengunjunginya tidak usah takut karena jalan nya sangat bersahabat untuk dikunjungi he he. Ketika aku sudah merasa puas karena sudah di suguhi berbagai pemandangan yang menyegarkan mata, tiba-tiba saja di depan ku sudah terpampang tempat parkir dan di sampingnya ada plang, "ke arah pantai wohkudu", begitu lega hati ku setelah lumayan capek menempuh perjalanan 2 jam, ya tentunya rasa capek tersebut tidak begitu terasa  karena telah disuguhi berbagai macam keindahan. oh ya btw, setelah parkiran itu juga ada plang yang mengarahkan ke pantai kesirat, namun aku masihpenasaran dengan pantai  wohkudu dan memutuskan untuk berdiam disitu sejenak. Motorku aku taruh ke parkiran, lalu perjalanan dilanjutkan dengan tracking ke bawah yang hanya memakan waktu sekitar 15 menit, trackingnya pun tidak terlalu berat, bisa dibilang merupakan jalur santai. Karena pas berangkat tracking ke bawah, otomatis pas pulang mau tidak mau harus tracking ke atas he he.

Dannnn..... setelah melewati tracking kebawah, aku menemukan sebuah surga yang benar-benar tersembunyi!
pemandangan setelah tracking kebawah

Setelah sampai, kamu akan di suguhi dengan hamparan hijaunya rumput terlebih dahulu! dan tentu saja dua bukit yang sedang mengapit pantai. Bukit nya pun masih sangat hijau, semoga saja ini akan bertahan lama. Setelah puas menikmati hijaunya rumput, tentu saja keindahan yang disajikan oleh pantai Wohkudu belum habis, kamu juga akan disajikan oleh hamparan pasir yang begitu putih! seakan-akan kamu dapat melihat pemandangan gunung dan pantai secara bersamaan di tempat ini! dengan perpaduan hijaunya rumput dan hamparan pasir putih. Ah, begitu indahnya ciptaan Mu.

hamparan pasir putih yang di kelilingi dua bukit
Sepinya pengunjung pada waktu itu, membuat aku ingin sekali membaca buku  di tengah-tengah suara ombak yang sangat merdu. Bagiku, itu merupakan suatu kedamaian yang nyata, tanpa adanya kerusuhan, yang ada hanya ketenangan,dan tentu juga kenyamanan.







Pantai Wohkudu merupakan satu kepingan surga yang berada di Indonesia. Tentunya masih banyak sekali kepingan-kepingan surga yang harus kalian kunjungi, dan tentu jaga harus dilestarikan bersama sama. Karena bagi kita, saat ini tempat ini merupakan hal yang sangat indah, namun kita tidak tahu, bisa saja bagi anak cucu kita tempat ini merupakan tempat yang tak diharapkan keberadaannya.

Kala itu, perjalanan ku ke pantai wohkudu sungguh sangat menyenangkan, deburan ombak, dua bukit yang sedang mengapit, hamparan hijaunya rumput dan putihnya pasir yang sangat mengagumkan, dan tentu saja, sebuah senyuman.

Btw, parkirnya waktu itu hanya membayar 2 ribu, entah bapaknya sedang baik kepadaku kayaknya. So, bagi kalian yang ingin mengunjungi ke tempat ini, saran ku memakai google maps jika masih bingung dengan daerah-daerahnya, dan tentu saja, saat sudah mengunjunginya kita semua harus menjaganya dengan kesadaran diri masing-masing. Alam pun mempunyai rasa, mari kita berbagi rasa kepadanya.

Jikalau ingin tahu letak lokasi pantai Wohkudu bisa lihat di google maps Lokasi Pantai Wohkudu

Salam, Adibio
Mahasiswa semester 6 yang semakin tambah semester semakin bingung mau apa.




Post a comment

0 Comments