Pasar Karetan Dengan Beribu Jajanan Tradisional Serta Pemandangan Alam yang Fenomenal - Perjalanan Adibio Pasar Karetan Dengan Beribu Jajanan Tradisional Serta Pemandangan Alam yang Fenomenal

Blog ini berisi tentang travelling, sastra dan juga perjalanan rasa yang berisi tentang catatan kehidupan saya.

Facebook

Motivasi Menulis

Pasar Karetan Dengan Beribu Jajanan Tradisional Serta Pemandangan Alam yang Fenomenal

Tak ada yang spesial pada Minggu pagi. Dahulu, Minggu pagi selalu ditunggu-tunggu oleh anak kecil untuk menetap di depan layar kaca tv sembari menonton kartun kesukaan mereka. Kali ini tak ada yang spesial, tak ada yang istimewa, tak ada yang menggugah selera, melainkan tidur pada hari Minggu pagi hingga siang nanti.

Niatnya ingin melakukan ritual tidur hingga siang nanti, namun aku teringat sebuah ajakan untuk datang ke pasar karetan pada Minggu pagi ini. Ajakan tersebut datang dari seorang pengurus Genpi yang hendak mengajakku untuk mengelilingi area sekitaran pasar karetan atau bahasa singkatnya bisa dikatakan sebagai fun walk. Bagi yang belum tahu, Genpi merupakan Generasi Pesona Indonesia yang berada di berbagai daerah di Jawa Tengah maupun Indonesia, termasuk Semarang. Aku sendiri ikut serta dalam  Genpi Semarang pada saat ini. Nah singkat cerita, ada acara fun walk yang akan diselenggarakan di area sekitaran pasar karetan tersebut pada hari Minggu tanggal 20 Januari 2019. Teringat oleh ajakan tersebut, maka aku memutuskan untuk tidak melakukan ritual tidur hingga siang pada hari Minggu itu.

Setelah mandi dan bersiap-siap, sekitar jam 6 pagi aku naik motor menuju ke pasar karetan. Awalnya aku tidak tahu dimana pasar karetan tersebut berada, sebab sebelumnya aku belum pernah pergi kesana. Akhirnya dengan bermodalkan google maps, aku bergegas menuju ke pasar karetan. 

Pasar karetan terletak di daerah Boja atau lebih lengkapnya di Jl. Sasak 3, Krajan, Meteseh, Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tempatnya cukup jauh dari rumahku yang berada di daerah Timur Semarang. Namun setelah perjalanan 1,5 jam, akhirnya aku sampai juga di pasar karetan dengan beribu pohon karet yang berada di sekitar situ. Batinku, benar-benar sangat unik konsep yang diusung oleh pasar karetan ini.

pohon karet yang berada di sekitaran pasar karetan

tampak depan dari pasar karetan

lukisan pasar karetan yang ada di depan
Melihat konsep depan dari pasar karetan membuatku sangat kagum terhadap keberadaan pasar ini. Akhirnya tanpa basa-basi aku pun langsung masuk ke dalam pasar karetan dan melihat-lihat apa saja yang ada di dalam pasar karetan. Setelah masuk, aku terpaku melihat berbagai stand yang tersebar dimana-mana dan menyajikan berbagai macam makanan tradisional disitu. Jadi, selain kamu menikmati pemandangan alam dengan beribu pohon karet, kamu juga dapat mengisi perut kamu di pasar karetan dengan makanan tradisional yang dijamin sangat enak dan dapat mengenyangkan perutmu.

Untuk menu-menu yang ada di pasar karetan ada banyak sekali, berikut beberapa menu yang aku dapat dari pasar karetan kemarin:

  • Cengkelek : jajanan pasar
  • Gendhar pecel
  • Wedang ronde
  • Wedang rempah
  • Nasi jagung
  • Nasi gudangan
  • Pecel keong
  • Gemblong bakar
  • Aneka baceman
  • Tahu campur
  • Rawon
  • Bubur klepon
  • Bubur ketan duren
  • Kacang godhog
  • dll
Itu hanya sebagian menu yang aku dapat saat berkunjung ke pasar karetan pada hari Minggu kemarin. Tentu saja, kamu dapat menemukan berbagai menu lainnya saat pergi ke pasar karetan tersebut, karena masih banyak menu yang dapat kamu cicipi sebagai pembuka yang manis pada Minggu pagimu. 

wedang rempah cocok untuk perut di pagi hari

jasuke ditemani bojo galak

para pecinta kopi mana suaranyaaa
Tak sampai disini saja aku dibuat kagum oleh pasar karetan ini. Ternyata, untuk membeli berbagai jajanan yang tersedia di stand pasar karetan ini kamu harus menggunakan girik sebagai alat transaksi di pasar karetan. Kamu dapat menukar uang kamu kepada stand yang menyediakan penukaran girik. Stand tersebut terdapat di depan pintu masuk dan ada juga yang di tengah-tengah pasar karetan, tepatnya di dekat panggung pertunjukkan.

Inilah wujud dari girik
Nah sudah puas dengan berbagai macam jajanan di pasar karetan serta keunikan yang ditampilkan di pasar ini, kamu masih dapat menemui berbagai macam hal menarik di pasar karetan ini. Karena selain menyediakan berbagai jajanan tradisional yang sangat enak, pasar karetan juga menyediakan live musik, spot-spot foto untuk swafoto, bahkan tempat untuk kamu belajar memanah! wow! sangat lengkap sekali. Di sini banyak sekali spot foto yang dapat kamu temukan di setiap ujung pasar karetan. Karena pasar ini terbilang sangat luas sehingga kamu dapat menjelajah semaksimal mungkin.
panggung hiburan pasar karetan

spot foto yang sangat digemari pengunjung

panahan

area camping untuk bersantai

area camping untuk bersantai
Setelah aku sangat puas menjelajah pasar karetan, aku mencoba menggali lebih dalam mengenai pasar karetan melalui internet. Dan ternyata saat aku buka di internet, pasar karetan ini baru saja memenangkan penghargaan Asean Tourism Forum (ATF) yang diselenggarakan di negara Vietnam tepatnya di FLC Grand Halong Bay Resort pada tanggal 18 Januari 2019 lalu. Pasar karetan mendapatkan penghargaan dalam kategori Community Based Tourism Standart ASEAN 2019. Seketika aku sangat bangga terhadap keberadaan pasar karetan ini, terlebih sebagai orang Jawa Tengah yang mempunyai tempat sekeren dan seindah ini. Gokil!.

Puas menikmati pasar karetan dan sekitarnya, aku masih belum berhenti  kagum dengan keberadaan pasar ini. Dengan makanan tradisional yang mengenyangkan serta pemandangan alam yang luar biasa, mungkin pasar karetan bisa menjadi opsi bagi kamu untuk mengisi kegiatan pada hari Minggu pagi. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Semarang atau asli Semarang dan sekitarnya, sempatkanlah berkunjung ke pasar karetan pada hari Minggu untuk sekadar memuaskan lidah terhadap masakan tradisional yang sangat enak, serta menikmati pemandangan alam yang luar biasa Di pasar karetan juga tersedia toliet yang sangat bersih dan sangat nyaman untuk dipakai.

Tidak jadi melakukan ritual tidur pagi hingga siang ini, aku akhirnya melakukan ritual tidur tersebut pada siang hari selepas dari pasar karetan dengan mimpi yang indah.


Labels: Travelling

Thanks for reading Pasar Karetan Dengan Beribu Jajanan Tradisional Serta Pemandangan Alam yang Fenomenal. Please share...!

0 Komentar untuk "Pasar Karetan Dengan Beribu Jajanan Tradisional Serta Pemandangan Alam yang Fenomenal"

Back To Top