I'm Pelgading Homeland : Tempat Santai Menikmati Alam di Bandungan, Jawa Tengah

Sore itu nampaknya langit sedang sangat cerah. Terbesit di dalam pikiranku untuk sekadar santai menikmati keindahan alam setelah seharian menjalankan aktivitas penuh. Daripada aku jenuh, akhirnya aku memutuskan untuk jalan-jalan di daerah Bandungan. Bandungan sendiri terkenal dengan wisata alamnya sehingga tak jarang banyak sekali wisatawan yang sekadar berkunjung untuk menjernihkan pikiran. Setelah mempertimbangkan, akhirnya aku memutuskan untuk mengunjungi salah satu wisata alam yang bernama Ampel Gading atau biasa disebut I'm Pelgading Homeland. Entah atas dasar apa penamaan tersebut, mungkin maksudnya agar terlihat kekinian, menurutku sih begitu.

Ohya, Bandungan sendiri terletak di daerah Jawa Tengah yang berada di kota Semarang. Bandungan tentu saja berbeda dengan Bandung, namun keduanya sama-sama memiliki cuaca yang cukup nyaman untuk ditempati. Di Bandungan sendiri banyak sekali wisata alam, seperti yang paling terkenal adalah Umbul Sidomukti dan Candi Gedong Songo. Namun, selain kedua tempat tersebut, ada satu wisata alam Bandungan yang terbilang baru sehingga aku tertarik untuk mengunjunginya. Tempat tersebut tentu saja I'm Pelgading atau Ampel Gading. 

Menuju Lokasi Ampel Gading HomeLand


Apabila kamu berada di Semarang, maka sangat mudah untuk menuju Ampel Gading Homeland. Kamu dapat menggunakan kendaraan motor untuk menuju lokasi tersebut. Dari kota Semarang, kamu bisa menuju ke daerah Bandungan. Setelah sampai Bandungan, kamu tinggal lurus mengikuti jalan sampai kamu melewati pasar Bandungan dan polsek Bandungan. Nah, setelah polsek pelan-pelan saja, nanti di samping kanan jalan ada gang ke atas, gang tersebut mengarah ke villa-villa yang biasa dipakai untuk bersantai ria. Namun tenang saja, sebelum belok kanan tersebut juga ada plang petunjuk menuju ampel gading. Setelah belok kanan, kamu akan melewati jalanan menanjak. Setelah itu ikuti petunjuk yang mengarah ke Ampel Gading. Setelah masuk daerah villa-villa tersebut, banyak sekali petunjuk yang mengarah ke Ampel Gading. Kamu tinggal mengikuti saja.

Jalan yang dilalui pun cukup terjal, sehingga kamu harus berhati-hati apabila menggunakan motor matic karena matic rawan sekali kecelakaan apabila turun dari tanjakan. Kecelakaan tersebut tentu berupa rem blong, karena pada saat turun, rem matic akan panas dan yang terjadi adalah rem blong. Namun tenang saja, pada saat kamu turun, saat sudah sampai di gerbang masuk, kamu akan disuruh berhenti, dan petugas setempat akan menyiram kampas rem motor kamu.

Pada saat menuju lokasi, kamu akan disuguhi oleh pemandangan alam yang luar biasa. Pepohonan hijau saling menyapa kedatangan kamu. Aku begitu takjub dengan keindahan alamnya. Setelah sampai di lokasi parkir, aku berjalan ke atas dan melihat pemandangan yang luar biasa. Banyak sekali kursi untuk kamu duduk sehingga kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam. Beginilah keadaan di sekitar Ampel Gading Homeland.

duduk manis sambil menikmati alam

sambil menulis skripsi enak juga

memikirkan kata demi kata untuk dijadikan buku

pemandangan di depan langsung gunung ungaran

Pada waktu itu aku berkunjung pada hari Senin, sehingga para pendatang pun tidak terlalu banyak, bahkan sepi. Di sekitar Ampel Gading ada warung, namun warung tersebut hanya buka pada weekend saja.


Biaya yang Harus Dibayarkan

Kamu cukup membayar Rp 5.000/orang untuk menikmati keindahan alam tersebut. Di tempat ini juga dapat dijadikan sebagai tempat camping, karena disini sangat cocok sekali untuk menikmati sunrise. Untuk biaya camping, kamu bisa tanyakan sendiri pada petugas disana. Ohya, Ampel Gading ini tutup pada jam 5 sore.

Pemandangan di Sekitar Ampel Gading


Sangat syahdu
Bukit hijau menyejukkan mata

Tempat duduknya banyak cuy

Gunung Ungaran terlihat anggun

Tempat ini tentu sangat cocok bagi kamu yang menyukai pemandangan alam. Tidak usah ragu untuk berkunjung ke tempat ini, karena kamu akan disuguhi pemandanga alam yang luar biasa. Ohya, apabila kamu berkunjung ke tempat ini, jangan lupa jaga kebersihan tempat yah, jangan buang sampah sembarangan. Bagi kamu yang membawa motor matic jangan khawatir, karena nanti saat turun kamu akan disuruh berhent di gerbang masuk dan disiram kampas remmu agar tidak panas, dan kamu bisa melanjutkan perjalanan pulang dengan aman.

Satu lagi, setelah kamu membayar HTM, kamu juga akan mendapatkan stiker Ampel Gading! Wow cukup lumayan bukan. Demikian tulisan perjalanan Adibio kali ini, semoga bermanfaat. Salam lestari!

Post a comment

0 Comments