Wisata Alam Kopeng Salatiga Dari Bukit Harapan Cunthel Yang Menawan

Wisata Kopeng Salatiga Via Cunthel

Akhir-akhir ini, tempat wisata menjadi suatu hal yang sangat penting keberadaannya dan tak bisa lepas dari orang-orang yang butuh melepaskan penat disaat seminggu penuh menjalani aktifitas yang menguras tenaga dan pikiran.

Keberadaannya sekarang menjadi suatu hal yang dicari-cari, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya. Jika dilihat beberapa tahun belakangan, wisata alam menjadi daya tarik wisatawan. Banyak sekali bermunculan wisata alam baru yang berisi spot-spot foto dan tempat-tempat yang cukup enak untuk menenangkan hati dan pikiran.

Sehingga dari hal tersebut, maka cukup tepat untuk menjadikan wisata alam sebagai tempat yang wajib dikunjungi saat hendak menyegarkan otak. Selain hati dan pikiran menjadi tenang, juga cukup bagus untuk menyimpan beberapa galeri foto yang dapat diunggah di media sosial.

Kali ini, aku akan memberikan rekomendasi wisata alam yang cocok untuk kalian yang suka hunting foto berlatarkan pemandangan alam, atau barangkali hanya sekadar ingin menyegarkan otak. Wisata alam tersebut terletak di daerah Salatiga, Jawa Tengah. Tepatnya di Kopeng, desa Cunthel.

Kopeng merupakan tempat dengan sejuta wisata alam yang dapat kamu jumpai di sekitar daerah tersebut. Dengan letaknya yang sangat strategis dikelilingi oleh banyak gunung, yaitu gunung merbabu, telomoyo, dan andong.

Jika cuaca sedang sangat cerah, maka kamu akan beruntung sekali mendapati pemandangan gunung sindoro sumbing dari jalanan Kopeng. Sebab tempatnya yang dikelilingi banyak gunung, maka bisa disimpulkan bahwa Kopeng merupakan tempat dengan suhu cuaca yang lumayan dingin.

Dari Kopeng, kita juga dapat menjumpai berbagai jalur pendakian gunung yang ada di daerah tersebut, seperti jalur pendakian merbabu via Cunthel, Thekelan, dan Wekas, jalur pendakian gunung telomoyo, dan juga jalur pendakian andong. Pada tulisan kali ini, aku akan menuliskan tentang perjalananku di suatu tempat yang berada di sekitaran jalur pendakian merbabu via cunthel.

Di daerah tersebut ada beberapa wisata alam yang wajib kamu kunjungi jika ingin berlibur. Tempat yang akan aku tulis yaitu wisata alam Kopeng yang bernama Bukit Harapan Chuntel atau yang disingkat BHC.

Bukit Harapan Chuntel (BHC) merupakan wisata alam dengan spot-spot foto yang sangat bagus dan juga tempat yang sangat enak untuk bersantai-santai. Terletak di desa Chuntel dan berada di dalam area jalur pendakian merbabu via Chuntel, tempat ini tidak terlalu sulit dijamah oleh kendaraaan roda dua maupun roda empat.

Kita hanya perlu lewat jalur lingkar Salatiga, lalu menuju ke arah Kopeng. Setelah itu, kita menuju ke arah jalur pendakian merbabu via Cunthel. Sebelum masuk di gerbang pendakian, kita akan membayar Rp.1.000 untuk satu motor saja. Setelah itu kita akan masuk dan melihat pemandangan yang luar biasa.

Dari jalan masuk setelah gerbang jalur pendakian tersebut, kita akan menjumpai agrowisata Kopeng, golden sunset Chuntel, jalur pendakian merbabu via Cunthel, dan setelahnya adalah bukit harapan Chuntel (BHC). Aku tidak akan membahas semuanya, aku hanya membahas BHC.

BHC terletak di daerah rumah-rumah desa Chuntel. Parkir untuk wisata alam BHC membayar Rp.2.000 yang terletak di samping masjid. Setelah itu, kita akan jalan sebentar untuk menuju lokasi. Jalurnya tidak terlalu capek, malahan lebih menikmati karena pemandangannya yang sangat indah di sekitar daerah tersebut.

Gambar Keindahan Alam Kopeng Salatiga Via Cunthel

pemandangan sekitar BHC, gunung andong (kiri) dan gunung telomoyo (kanan)

jalur sekitar BHC

Setelah itu, kita akan masuk menuju lokasi. Sebelum masuk, kita harus membayar Rp.3.000 per orang.



naik ke atas masuk ke lokasi

tempat pembayaran HTM


Begitu masuk ke dalam, kita akan disuguhi berbagai macam spot foto dan tempat untuk bersantai ria disini. Bahkan, kata penjaganya, disini kita juga bisa mendirikan tenda dan bermalam disini sembari menunggu sunrise tiba. Tempat bersantainya pun banyak, jadi tidak perlu khawatir. Dan bahkan, disini ada kantin, jadi jangan khawatir jika kelaparan saat sedang hunting foto


Ada ayunan untuk berbagi cerita

tempat duduk untuk bersantai dan mengobrol

masih ada tempat santai lainnya

pemandangan sekitar BHC

Spot-spot foto yang disajikan di sekitar sini tentu sangat menggugah para fotografer. Selain tempat untuk foto, bahkan disini disediakan tempat untuk spot sebagai fotografernya. Jadi tak perlu bingung mencari spot, karena disini sudah disediakan dengan pas dan cocok kalo menurutku. Jikalau ingin mencari spot baru juga tidak masalah.

Spot Foto Terbaik Di Wisata Kopeng Salatiga


tempat untuk memotret gambar

spot untuk foto 1

spot untuk foto 2

Dan ini, hasil foto-foto kemarin di dua spot yang berbeda.

spot foto 1


spot foto 2
Sekian, travel blogku kali ini. Ingat, jika ingin berkunjung kesini jangan lupa membuang sampah pada tempatnya. Dan menjaga kelestarian alam. Jika mau, berkunjunglah saat matahari akan terbenam, maka pemandangannya sangat bagus sekali. Mari majukan wisata Indonesia dengan mengunjungi dan menjaganya.



Tiket Masuk dan Biaya-Biaya Di Wisata Kopeng 

Masuk gerbang jalur pendakian merbabu via chuntel : Rp. 1.000/motor
Parkir BHC :Rp. 2.000
Tiket masuk BHC : Rp. 3.000/orang.

Rute Menuju Kopeng Salatiga Via Cunthel

Lewat jalur lingkar Salatiga, lalu masuk ke arah Kopeng. Kemudian cari jalur pendakian merbabu via chuntel. Masuk situ dan nanti akan menemukan desa Chuntel. BHC ada di sekitar sana. Setelah Golden Sunset Chuntel dan jalur pendakian merbabu via chuntel.

Post a Comment

0 Comments